INI DIA!!!! 5 tips Menghargai Orang Lain

Menghargai merupakan sikap terpuji saat kita benar benar mau berubah menjadi yang lebih baik. Dengan bersikap terpuji akan mendapat banyak hal yang tidak akan kita sangka-sangka. Sikap ini seharusnya benar kita aplikasikan kedalam kehidupan sehari-hari kita agar kita mendapatkan hal yang baik pula. Seseorang yang sedang diatas tak selamanya berada di atas begitu pula orang yang ada dibawah tak selamanya ia akan berada dibawah. Hargailah orang lain karena dengan menghargai orang lain maka kita akan dihargai orang lain pula.

Menghargai orang lain adalah suatu sikap terpuji dan merupakan perbuatan yang disukai Allah Swt. Belajar menghargai dari hal-hal kecil setiap harinya akan menghasilkan kebiasaan yang baik pula. Saat kita membuat orang lain berharga maka allah pun takkan tinggal diam seseorang itu akan mendapatkan karunia yang tidak disangka sangka. Orang pertama yang harus kita hargai adalah orang  yang telah melahirkan kita, orang tua yang telah membesarkan kita tanpa orang tua kita tidak akan pernah ada di dunia ini. Terlebih lagi ridho Allah terletak pada ridho orang tua. Wah jadi sekarang haruslah lebih sayang bahkan sangat sayang pada orang tua ya.

Kini perjalanan hidup dari jenjang pendidikan yang semakin panjang yaitu dari mulai SD, SMP, SMA, dan bahkan hingga KULIAH. Saat itu pula akan ada banyak orang yang akan kita temui bahkan tak sedikit pula organisasi yang akan kita ikuti dari kecil hingga dewasa seperti masa saat sekarang ini. Kita wajib mensyukuri dari apa yang kita peroleh setiap harinya. Baiklah akan kita bahas 6 tips  menghargai orang lain.

1. Hormatilah Pendapat Orang Lain

Kenapa harus begini ? Jawabanya ya memang harus karena di dunia ini kita tidak hanya sendiri. Setiap kepala slalu memiliki pendapat dan keyakinan yang berbeda beda pula jadi hendaknya kita mendengarkan pendapat orang lain. Yang terbaik adalah menghasilkan mufakat dari apa yang
telah kita diskusikan. Dengan menghargai pendapat orang lain maka pendapat kita pun akan mudah diterima orang-orang . Bahkan ketika orang lain yang ingin mengomentari apapun tentang hiduomu biarkan saja karena dinegara kita juga memiliki aturan kebebasan berpendapat, tetapi juga jangan lupa negara kita adalah negara hukum jadi jangan sampai melanggar ya.

2. Bersikap Ramah 

ini adalah sikap manusia yang baik. Toleransi dan keramahan itu saling berhubungan dan memiliki keterkaitan. Mampu beradaptasi kepada setiap orang dan lingkungan baru akan menciptakan hubungan sosial yang baik terlebih lagi akan menciptakan keuntungan dan peluang. Menjadi orang baik akan dihargai dengan keramahan dan ketulusan hati. Jika anda bukanlah orang yang mudah ramah kepada setiap orang maka ada baiknya anda belajar dari hal-hal kecil dan mulai membiasakan diri. Terkadang bukanlah sifat  yang terlalu naif tetapi hatilah yang kurang ingin belajar menjadi lebih bai. Mulailah masuki lingkungan baru siapa tahu lingkungan itu akan mendorongmu sukses dan semakin maju. Dengan keramahan mu akan ada banyak orang yang akan berkomunikasi dengan mu, dan terbuka atas setiap peluang di dalam setiap inci kehidupan.


3. jangan membicarakan kejelekan orang lain 

Hal-hal kecil yang sering terjadi menyebabkan timbulnya masalah. Kita sebagai manusia haruslah menjunjung tinggi martabat manusia sepantasnya. Berbicara haruslah mengenal tempat, cara bicara, dan topik pembicaraan yang dibicarakan. Lalu, janganlah kita menjelekkan kejelekkan orang lain karena di dunia ini tidak ada manusia yang tenar-benar sempurna kecuali sang pencipta. Akan banyak yang akan menghargai kita jika kita mampu menghargai sesama. Lalu hati akan menjadi tenang dan tentram dan tidak mengusik kehidupan dan tidak menjelekkan orang lain.


4. Jangan Mengejek Atau Menghina Orang Lain

Ketika ingin mengejek orang lain fikirkanlah, bagaimana seandainya jika kita berada di posisi orang yang diejek maka kita juga akan merasa sakit dipermalukan/diejek/dihina dengan berbagai macam bulyyan. Kesimpulanya adalah sebagai manusia janganlah saling menghina karena dengan menghina orang lain akan menghilangkan rasa senang dan keperdulian. Semakin jauh dengan orang orang maka akan semakin jauh pula kesuksesan itu pada diri kita. Lihatlah dan pandanglah bagaimana diri kita semoga kita semua termasuk kedalam golongan orang orang yang beruntung.


5. Berikan Dukungan 

Jika kita lihat orang-orang disekeliling kita sudah baik, dan sesuai dengan peraturan negara. Maka berikanlah dukungan apalagi dia adalah teman kita sudah sepantasnya kita memberikan dukungan sehingga mampu membantunya menjadi lebih baik. Sikap baik akan memberikan keuntungan yang lebih baik pada diri kita, sebaliknya ketika kita yang mempunyai i'tikad baik maka oakan ang disekeliling kita akan mendukung kita sebagaimana yang kita lakukan kepadanya. Semoga semakin tumbuh rasa persatuan dan kesatuan di hati kita.


































Comments

Popular Posts