Pendidikan Sebagai Kunci Peguatan Peran Perempuan.




Sudah kewajiban seorang perempuan untuk patuh terhadap nasehat orang tua bukan? Membantu orang tua, sayang terhadap keluarga, membereskan pakaian, mencuci piring. Juga tidak dipungkiri pendidikan sebagai suatu sistem penguatan peran perempuan-perempuan. Pendidikan adalah suatu edukasi bagi tiap-tiap orang, yang apabila jika edukasi itu diterapkan dengan baik. Maka, akan sangat berguna bagi seluruh kehidupan manusia.


Edukasi sebagai kunci penguatan perempuan
Ya, sejak kecil. Dari sejak itulah ibu-ibu sangat berperan penting bagi pendidikan sibuah hati. Berbagai cara dilakukan ibu-ibu agar anak mereka bisa bersekolah dengan baik, dengan kualitas pendidikan yang disetarakan. Bukan hanya laki-laki yang harus berpendidikan hingga jenjang yang lebih tinggi, agar mendapatkan pekerjaan yang lebih baik. Tetapi, wanita pun harus mendapatkan pendidikan yang baik dari sejak dini hingga ia dewasa agar kehidupanya pun terjamin. Banyak pendapat yang mengatakan bahwa setinggi apapun wanita sekolah pada akhirnya akan terjun kedapur juga. Pendapat itu memanglah benar adanya. Tetapi, untuk memudahkan kehidupan para perempuan, mendapatkan manfaat lebih yaitu menggunakan ilmu yang didapat untuk dunia dan akhirat karena mempunyai ilmu pengetahuan akan membawa kita terhadap hal-hal yang baik dan benar . Baiklah kita akan membahas, kenapa pendidikan begitu penting untuk para perempuan?


Pendidikan begitu penting bagi kaum perempuan. Karena tiap-tiap perempuan yang memiliki pendidikan akan memiliki ilmu pengetahuan yang cukup. Kemudian, para perempuan akan menjadi individu yang dewasa. Ilmu pengetahuan juga bisa dibagikan kepada sanak saudara, anak-anak, dan siswa/i. Bukan hanya untuk diri sendiri, tetapi juga untuk keluarga dan orang banyak. Keluarga bahagia adalah dambaan semua orang. Oleh karena itu, seorang ibu yang baik akan memberikan edukasi terbaik bagi puta-putri mereka. Agar anak perempuan menjadi orang-orang yang sukses dan mempunyai ilmu yang berguna. Bukan hanya anak laki-laki.

Di era Kartini, saat Kartini masih kecil sekitar abad ke-19 hingga abad 20. Wanita masih belum mendapatkan kebebasan atas hak-haknya. Pada zaman itu Kartini adalah seorang anak Bupati terkenal. Tetapi,  ia hanya mendapatkan pendidikan sampai Sekolah Dasar saja.  Para wanita tidak diizinkan untuk menentukan pilihan hidupnya seperti tidak boleh sekolah, tidak boleh menentukan jodoh pilihanya, dan masih banyak lagi. Jangan kan para perempuan itu, kartini sendiri saja sangat merasa tertekan atas pendidikan untuk para wanita yang masih dilarang. Banyak sekali tantangan yang ia lewati termasuk tantangan dari kedua orang tuanya yang tidak mengizinkanya sekolah. Kartini tidak pernah menyerah, kartini terus berjuang untuk mendapatkan pendidikan, kebebasan untuk para perempuan. Bagaimana dengan zaman kita sekarang ? Begitu banyak perempuan yang menyepelekan pendidikan padahal itu sangat penting.



" Edu Center " Merupakan Mall Edukasi pertama di indonesia yang diciptakan menjadi solusi keluarga untuk megefisienkan dan memaksimalkan waktu yang dimiliki anak-anak untuk kemudian bisa digunakan bersama dengan seluruh keluarga. Menyadari pendidikan sebagai pendukung penyetaraan gender serta menguatkan peran permpuan dimasyarakat yang luas. Untuk mencapaikan suatu pendidikan harus disertai dengan niat yang baik dan kemauan menjadi sukses didalam dunia dan akhirat. Untuk terus berupaya mengubah pola pikir masyarakat tentang perempuan. Ada banyak pendapat mengatakan bahwa kaum perempuan adalah lemah. Sehingga tidak memiliki peran penting didalam suatu kelompok ataupun suatu keluarga. 

Para perempuan kerap kali diidentifikasikan sebagai kaum yang lemah dan tidak memiliki peran penting baik dalam suatu kelompok masyarakat maupun keluarga. Ayo bergeraklah para perempuan hebat untuk berperan serta menciptakan pengetahuan dan menginspirasi anak-anak bangsa, mari kita mulai dari pendidikan yang cerah dan disiplin. Bermula belajar dari sejak dini utuk menciptakan masa depan yang cerah dan berwarna. Jangan ragu mengingatkan para perempuan perempuan agar menjadi seseorang yang mencintai proses belajar serta ikut berperan dalam kemajuan suatu negara.


#educenter.

Comments

  1. pendidikan emang pilar utama mba, benet sekali deh. setuju dengan artikelnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak bener banget. Pendidikan begitu penting bagi kita semua demi menyongsong prekonomian dan ilmu pengetahuan.

      Delete
  2. Benar banget, perempuan itu pilar pendidikan, kalau dia gak berpendidikan, giman mau mengajarkan anak anaknya kelak, yok kita sebagai wanita jangan lelah menuntut ilmu baik formal ataupun informal, banyak banget wadah belajar hari giniii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak siapp. Seorang wanita sangat berperan penting bagi pendidikan anak-anaknya ya. Harus semangat menuntut ilmu.

      Delete
  3. Tak salah emang perempuan atau ibu sebagai madrasatul ula..
    Sayangnya di saat masa belajar daring, ibu menjadi gak santai dan jadinya marah-marah saat mengajar anak-anak di rumah

    ReplyDelete
  4. Iya kak. Ditengah kesibukan para ibu-ibu harus terus meluangkan banyak waktu untuk sikecil. Apalagi saat aktif aktifnya Anak anak akan melakukan banyak hal yang mereka suka dikarenakan rasa ingin tahunya yang besar. Sehingga peran seorang ibu benar benar sebagai Madrasatul ula.

    ReplyDelete
  5. Guru terbaik adalah ibu, sejak dalam kandungan hingga akhir hayat..

    ReplyDelete
  6. Senang banget dengan Edu Center ini yang memberikan pemahaman kepada orang tua untuk lebih menjalankan peranan sebagai ibu dalam mengajar anak-anak dengan penuh kesabaran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak. Dengan begitu para orang tua dapat lebih terbantu dalam memberikan edukasi terhadap putra putri mereka. Good banget yakan kak.

      Delete
  7. Eh keren istilahnya, mall edukasi 👍 setuju kali lah aku, perempuan memang harus terdidik 👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak karena seorang perempuan memiliki peran yang sangat penting yakan kak. Selain menjadi seorang ibu dia juga akan menjadi seorang istri Juga sebagai seorang anak. Itu sebabnya seorang wanita harus punya pendidikan.

      Delete
  8. Tfs yaa Nuraini... jadi tambah info nih tentang Edu Center, yaitu Mall Edukasi pertama di indonesia. Benar sekali, kita sebagai kaum hawa ini perlu sadar gender, namun bukan berarti lantas mengambil jarak dengan kaum pria

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kakak sama sama. Semoga kita slalu dikelilingi dengan ilmu pengetahuan dunia dan akhirat ya. Aamiin Yarobbal Alamin.

      Delete
  9. wih keren ya yang punya ide buat edu centre ini, terkadang kita ngerasa dah cukup pintar padahal nyatanya belom. apalagi jika ada masalah pasti harus memikirkan solusi bijak tu gk gampang butuh ilmu dan wawasan untuk menjadi referensi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyakak bersyukur ya kita kenal educenter ini jadinya kita punya banyak referensi untuk belajar.

      Delete
  10. "Menyadari pendidikan sebagai pendukung penyetaraan gender serta menguatkan peran permpuan dimasyarakat yang luas", setuju banget ini perempuan kini memang diakui setara kemampuannya secara skill dengan pria, maka ambillah peluang itu wahai wanita :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak sebagai wanita kita harus benar benar ambil peluang yang ada ya. Agar segala yang kita perbuat bisa kita edukasi lagi keorang orang sekitar.

      Delete
  11. Karena seorang perempuan adalah tokoh utama pewaris generasi dan bakalan menjadi madrasatul ula buat anak-anaknya. Jadi pendidikan bagi perempuan memang sebuah kewajiban yang tidak boleh tidak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip kak setuju banget. Semangat untuk kita para perempuan.

      Delete
  12. Perempuan harus cerdas karena akan melahirkan anak-anak yang menjadi penerus peradaban. Sekarang lebih praktis karena ada aplikasi educenter ini. Bisa belajar kapan aja dan dimana aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyakak generasi indonesia harus terdidik agar menjadi negara yang maju dikemudian hari. Semangat kak

      Delete
  13. Betul, walopun stay at home, pendidikan untuk perempuan tetap point penting.
    Kan keren anak anak sendiri dibersamai oleh ibunya yang tamatan S1 S2 S3, ya ndak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Stay at home tetap belajar pake educenter ya kak. Belajar belajar dan belajar karena hidup ini adalah belajar.

      Delete

Post a Comment

Popular Posts