Ini Dia !!! Tips Menghargai Orang Lain.


Menghargai merupakan sikap terpuji saat kita benar-benar mau merubah menjadi yang lebih baik. Dengan bersikap terpuji akan mendapatkan banyak hal yang tidak kita sangka-sangka. Sikap ini haruslah benar kita aplikasikan kedalam kehidupan sehari-hari kita agar kita mendapatkan hal yang baik pula. Seseorang yang sedang diatas tak selamanya berada di atas begitu pula orang yang ada di bawah tak selamanya ia akan berada di bawah. Hargailah orang lain karena dengan menghargai orang lain maka kita akan dihargai  orang lain.
Menghargai orang lain merupakan perbuatan yang disukai Allah swt. Belajar menghargai dari hal-hal kecil setiap harinya akan menghasilkan kebiasaan yang baik pula. Saat kita membuat orang lain berharga maka allah pun takkan tinggal diam seseorang itu akan mendapatkan karunia yang tidak di sangka-sangka. Orang pertama yang harus kita hargai adalah orang tua karena tanpa orang tua kita tiada di dunia ini, terlebih lagi ridho allah terletak pada ridho orang tua. Wah jadi sekarang haruslah lebih sayang bahkan sangat sayang pada orang tua ya.
Kini perjalanan hidup yang semakin panjang yaitu SD, SMP, SMA, KULIAH saat itu pula akan ada banyak orang yang akan kita temui bahkan tak sedikit pula organisasi yang akan kita ikuti saat kecil hingga dewasa. Bersyukurlah karena semua itu harus disyukuri. Baiklah ini dia tips menghargai orang lain versi titicfocus.

1.      Hormati Pendapat Orang Lain
Kenapa harus begini ? jawabanya ya memang harus karena di dunia ini kita tak hanya sendiri. Setiap kepala slalu memiliki pendapat yang berbeda pula jadi hendaklah kita harus mendengarkan pendapat orang lain. Yang terbaik adalah menghasilkan mufakat dari apa yang telah didiskusikan. Dengan menghargai pendapat orang lain maka pendapat kita pun akan mudah di terima orang-orang. Bahkan ketika orang lain yang ingin mengomentari apapun tentang hidupmu biarkanlah saja karena dinegara kita juga memiliki aturan kebebasan berpendapat, tetapi jangan lupa pula negara kita adalah negara hukum jadi jangan sampai melanggar ya.


2.      Bersikap Ramah
Ini sikap yang baik ketika kita ingin beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Orang yang baik akan di hargai atas kebaikannya begitu pula dengan orang yang ramah akan di hargai dengan keramahannya dan ketulusan hatinya. Jika anda bukanlah orang-orang yang mudah ramah kepada orang lain ada baiknya anda belajar dari hal-hal kecil dan mulai membiasakan diri. Terkadang bukanlah sifat yang terlalu naïf tetapi hatilah yang kurang ingin belajar menjadi yang lebih baik. Dengan keramahanmu akan ada banyak hal yang akan kamu dapatkan contohnya akan lebih dihargai orang lain, disukai banyak orang, mudah berkomunikasi dengan orang, lebih percaya diri, dan memudahkan karier menjadi lebih baik.

3.      Jangan Membicarakan Kejelekan Orang
Hal hal kecil yang sering terjadi menyebabkan timbulnya masalah. Kita sebagai manusia haruslah menjunjung tinggi martabat manusia sepantasnya. Berbicara haruslah mengenal tempat, cara bicara, dan apa yang harus dibicarakan. Lalu, janganlkah kita menjelekkan kejelekkan orang lain. Karena didunia ini tidak ada manusia yang benar sempurna kecuali Sang pencipta. Akan banyak-orang orang yang akan menghargai kita ketika kita mampu menjadikan hati lebih tenang dan tentram, tidak mengusik kehidupan orang dan tidak menjelekkan kejelekkan orang lain.

4.      Jangan Mengejek Atau Menghina Orang Lain
Ketika ingin mengejek orang lain fikirkanlah, bagaimana seandainya jika kita berada diposisi orang yang  ,diejek. Kesimpulannya adalah sebagai manusia janganlah saling menghina karena dengan menghina orang lain akan menghilangkan rasa kesenangan, dan orang-orang akan mengurangi rasa menghargai sesama. Banyak kita temui dikalangan masyarakat yang cenderung suka mengejek yang, menyindir atupun sebagainya. Akan ada banyak manfaat ketika kita mau menjadi manusia dan orang-orang yang lebih baik lagi.

5.      Berikan Dukungan
Dukungan menjadi alat pemersatu bagi masyarakat. Sesama teman, tetangga haruslah menjadi orang yang mendukung agar wilayah menjadi lebih tentram dan aman. Sikap baik akan memberikan banyak keuntungan, sikap baik akan memberikan kita kenikmatan yang terbaiknya dari Allah swt. Contoh kecil saja adalh untuk anak jika orang tua yang menjadi rumah pertama senantiasa orang yang memberikan dukungan maka ia akan tumbuh saling menghargai satu dengan yang lainnya.














Comments

Popular Posts