STT INI PENGETAHUAN !! BACA BAGI YANG BELUM TAHU. 10 JABATAN-JABATAN UMUM MILIK HOTEL BESAR

Hotel, pasti udah pada tau, suatu bangunan publik yang bisa di sewakan kepada masyarakat ataupun pendatang. Hotel berasal dari kata hostel, kononnya diambil dari bahasa perancis kuno. Ini adalah bangunan publik yang telah di sebut-sebut sekjak abad akhir ke-17. Hotel sangat di butuhkan masyarakat karena ketika bepergian dengan adanya hotel akan memudahkan, lalu hotel semakin modern dengan fasilitas-fasilitas yang sangat besar dan lengkap. Semakin lengkap hotel maka semakin mahal pula biaya yang harus di bayar untuk sewa satu malam saja. Dengan banyaknya tiket pesawat yang beredar di pasaran baik online ataupun ofline semakin memudahkan masyarakat dalam berlibur kesuatu tempat luar negeri maupun dalam negeri.

 Banyak pula jabatan-jabatan yang ada di hotel-hotel besar dan harus kita ketahui. Tenaga profesional semakin banyak di butuhkan masyarakat sekitar dan para tenaga ahli yang semakin banyak dibutuhkan untuk mengembangkan hotel menjadi lebih makmur. Mereka memiliki tugas-tugas yang memiliki keahlianya dalam satu team dan bekerja sama membangun citra hotel agar semakin baik dimata masyarakat. Semakin hotel memberikan pelayanan yang berkualiatas semakin baik pula hotel di mata publik sehingga membuat banyak orang datang mengunjungi hotel untuk berwisata ataupun berjalan -jalan di suatu daerah tertentu. Baiklah langsung saja kita simak 10 jabatan-jabatan hotel besar.



1. General Manager ( Direktur umum )

General manager merupakan puncak pimpinan dari sebuah organisasi hotel. General manager sangat disegani karena bertanggung jawab atas keseluruhan penyelenggaraan hotel dan kinerja seluruh karyawanya. General manager pun harus siap terhadap kerugian besar ataupun kerugian kecil yang ada di dalam perusaan. Tugasnya sebagai kordinator, komunikator, pengambilan keputusan, pemimpin, pengelola dan eksekutor dalam menjalankan dan memipin perusahaan perseroan terbatas (PT).


2. Assistant general manager atau executive assistant manager 


Assistant general manager atau executive assistant manager adalah wakil General manager. Pada umumnya jabatan ini ada di hotel-hotel besar, dimana seorang general manager slalu butuh dukungan dari assistant general meneger serta kekompakan untuk membangun hotel semakin maju dan lebih maju.


3. Controller

Controller adalah seorang akuntan hotel. Controller juga bertanggung jawab atas efektivitas pengelolaan administrasi dan penyajian data keuangan yang di susun setiap hari. ia akan diminta pendapat dan pandangan yang ada terhadap hal-hal yang mengenai data penjyajian keuangan urusan perhotelan dengan demikian pengelolaan akan semakin membaik lebih baik lagi.

4. Plant Engineer

Plant Engineer adalah pejabat yang bertanggung jawab atas pemeliharaan, pengelolaan, dan perbaikan seluruh aset yang meliputi: Gedung hotel, perlengkapan mekanik elektronik, energi hotel. Pengelolaan listrik, gas, dan air adalah tanggung jawab plant engineer.

5. Executive Housekeeper 
Executive Housekeeper adalah pemimpin departemen yang memiliki kemampuan merencanakan, organisasi, dan mengevaluasi pekerjaan dibidang housekeeping. Ia bertanggung jawab atas kebersihan kamar-kamar tamu dan area umum yang dimiliki hotel.

6. Human Resources Development Manager 

HRD Manager adalah pejabat yang bertugas mengelola sumber daya manusia untuk keberhasilan hotel. HRD Manager harrus menguasai hukum dan perundang-undangan yang berkaitan dengan ketenagakerjaan, baik lokal, nasional, maupun internasional. Bertugas menerima dan mengangkat pegawai baru, menyelenggarakan semua administrasi kepegawaian dan kegiatan karyawan, serta mengadakan pelatihan terhadap karyawan.


7. Recreation Director 

Recreation Director adalah pejabat yang menentukan keberhasilan hotel yang berkaitan dengan kegiatan rekreasi di area hotel.


8. Marketing and Sales Director  

Marketing and Sales Director adalah pejabat yang menetukan keberhasilan hotel dalam menjual produk hotel kepada konsumen.

9. Food and Beverage Manager 

F and B Manager adalah pejabat yang bertugas mengelola Food and Beverage Departement untuk dapat menyajikan makanan dan minuman berkualitas yang di senangi tamu. Merencanakan menu, memastikan bahwa setiap bawahanya dapat menyajikan makanan dengan cepat dan ramah, dan mengendalikan biaya Food and Beverage Departement.

10. Front office Manager 

FO Manager adalah pejabat hotel yang bertanggung jawab atas pengelolaan kantor depan.

11. Security Director

Security Director bertanggung jawab atas keamanan hotel secara keseluruhan. Ruang lingkup pengaman hotel meliputi para karyawan, para tamu, aset hotel. Security perlu menciptakan kondisi yang aman sehingga tamu betah tinggal di hotel dan para karyawan bekerja dengan nyaman.


















Comments

Popular Posts