Tips Memilih Seafood Yang Baik Untuk Di Konsumsi

Hai hai hai mana ni penggemar seafood ? Ayolah terlebih dahulu  kita pelajari sebelum mengonsumsi makanan laut yang akan kita beli di pasaran ya. Seafood merupakan makanan laut yang banyak di gemari orang-orang. Untuk menemukan seafood pun sangat mudah sekali ya akan tetapi, kita harus waspada dalam memilih dan mengkonsumsi olahan seafood ini. Kita harus mendapatkan keuntungan sehat dong dari memilih seafood yang berkualitas dan layak konsumsi. Sebelum membelinya pelajari terlebih dahulu ya cara memilih seafood dengan benar agar makanan sehat ini tidak membahayakan kesehatan kita yang tinggal di zaman modern ini.




picture: Lifeisbeauty

Lets Get started


  •  BELI DI TEMPAT YANG TERPERCAYA



   Penjual seafood yang paham akan menyimpan seafood pada suhu dingin antara 0-80 Derajat Celcius. Didalam wadah yang berisi es batu, wadah yang berisi es batu harus bisa mengalirkan es       yang mencair agar mengurangi resiko pembusukan.


  • PERIKSA KUALITAS DAN KEBERSIHANNYA 

   Nah, ini penting sekali untuk kita periksa. Seafood yang di jual bebas di pasaran harus bebas serangga. Penjual seafoodnya menggunakan sarung tangan agar seafood yang akan kita konsumsi lebih higienis. Kemudian kita juga bisa bertanya secara langsung tentang kesegaran seafood kepada penjual. 




  • CIUM AROMANYA

 ikan segar memiliki aroma seperti laut, tidak berbau amis juga tidak menyengat. Ketika di tekan akan terasa kenyal, dengan sisik dan siripnya yang masih utuh erat menempel pada kulitnya Dan tidak kusam ( cerah). Mata ikannyapun akan berwarna cerah, tidak merah, tidak kusam.




  • PEGANG DAN GESER CANGKANGNYA BERLAWANAN ARAH
  Aturan ini berlaku ketika memilih kerang segar. Jika kerang bergerak artinya kerang sudah tidak segar lagi. Sama seperti ikan, udang, kerang, yang sudah di kupas dia tidak akan beraroma amis. Terkadang ada cairan di atasnya pastikan bahwa warnanya tidak putih dan kehijauan. Insang yang terdapat pada ikan berwarna merah muda atau merah cerah, bebas lendir atau lumpur. Mata ikan terlihat jernih, bercahaya, menonjol tanpa ada kecoklatan tepi-tepi.





  • SEAFOOD BEKU
          Seafood harus benar-benar beku ya guys tanpa adanya kristal es. Ciri-ciri makanan yang terkena freezer burn ( Kondisi makanan yang rusak karena terkena oksidasi dan dehidrasi). Akibat terkena freezer burn adalah warnanya berubah dari warna aslinya. Periksalah apakah makanan masih utuh dan tidak ada tanda terkena air akibat di simpan di bawah garis freezer.  






  • LEMBAB, TIDAK AMIS MENYENGAT

Inilah tanda seafood matang yang baik. Yang dimaksud warna yang khas adalah warna kesegaran suatu seafood. Misalnya, cangkang udang harus berwarna merah muda. Untuk lobster ataupun kepiting, cangkangnya harus berwarna merah terang. Sebelum membeli periksalah terlebih dahulu, jangan sampai seafood matang di letakkan bersebelahan dengan seafood mentah. Dan jangan lupa periksa tanggal kemasan dan kadaluarsanya.







Comments

Popular Posts