Ibu-ibu kudu faham ni. Tips Berbelanja Sesuai kebutuhan!!!

Hai para wanita. Mengingat wanita adalah sosok yang paling mudah tergiur dengan hal yang berbau fashion. Banyak ni ibu-ibu muda yang datang ke pajak ataupun mall niatnya beli beras, cabai, minyak makan eh pas liat barang mulus langsung berubah fikiran ya. Namanya juga wanita yakan hihihi, tenang aja salsa cuma bilang beberapa kok ngak semua ibu-ibu. Berbelanja telah menjadi kewajiban kita ya. Sebagai wanita jadi, harus pandai-pandai ya mengelola keuangan agar ekonomi di akhir bulan ngak berantakan sehingga ketika wanita pandai mengelola maka ekonomi di dalam rumah tangga akan menjadi stabil. Apalagi untuk menjadi seorang ibu itu tidak mudah selain harus teliti mengurus suami ia juga harus teliti mengurus anak, rumah, dan bahkan harus meluangkan waktunya untuk merawat diri.
Kali ini titikfokus akan memberikan tips berbelanja sesuai kebutuhan para ibu-ibu agar tidak salah dalam memanage keuangan keluarga ya.









Lets Get started !!!



1. Rancang menu selama satu bulan, agar ibu-ibu mudah ya mengatur bahan-bahan apa yang akan di masak mungkin bisa merancangnya sendiri atau melihat menu di tabloid agar menjadi sumber inspirasi yang cantik dan menarik.

2. Cek ketersediaan bahan pangan terlebih dahulu, agar tidak membelanjakan bahan-bahan makanan di luar kebutuhan anda.

3. Tips yang ketiga ini harus benar-benar di sepakati ya, yaitu taati daftar belanja anda. Anda bisa menggunakan " kaca mata kuda " agar tetap kembali membaca daftar belanjaan sebelum berbelanja sebelum tergiur untuk membeli bahan makanan/produk yang tidak terlalu berguna.

4. Hindari membeli makanan promosi yang tidak terlalu penting, itu hanya akan menyalahi aturan yang tidak di butuhkan.

5. Kelompokan jenis bahan makanan yang di belanjakan per bulan seperti beras, minyak, tepung, gula dll ( sembako ) , bumbu kering, saus, makanan kaleng dengan belanja per minggu /perhari sayur-sayuran.

6. Hitunglah jumlah Anggota keluarga anda karena dapat menjadi patokan menentukan jumlah pembelian setiap jenis makanan agar menyesuaikan kebutuhan.

7. Bila anda termasuk keluarga kecil, pilihlah produk kemasan kecil untuk produk kemasan seperti mayonese, selai, cheese spread.

8. Perhatikan seluruh kemasan yang anda beli jangan sampai ada yang rusak karena kemasan yang rusak akan mengurangi  kulitas terhadap makanan yang akan anda konsumsi.

9. Telitilah dengan kemasan kadaluarsa sehingga anda masih punya banyak waktu menyimpannya di gudang makanan anda.

10. Bedakan pula label kadaluarsa " use by "( tidak dapat mengonsua msinya setelah tanggal kadaluarsa namun kualitas rasa telah berkurang.

11. Sedapat mungkin pilihlah bahan pangan dalam kondisi yang segar seperti jenis sayuran, buah, seafood, maupun daging agar semakin baik dan segar saat di konsumsi.








Comments

Popular Posts