5 Bangunan Peninggalan-Peninggalan Bersejarah Di Dunia

   Hai temen-temen balik lagi ni dengan saya Salsabila. Kali ini saya mau mengulas bangunan sejarah milik beberapa negara di dunia. Di dunia ini sangat banyak sekali peninggalan yang bersejarah dan luar biasa ya. Bangunan yang berdiri kokoh dari jaman dahulu dan masih ada hingga kini harus lah dijaga oleh pemiliknya, siapa tu pemiliknya? Ya benar  sekali mereka yang berdiami suatu wilayah ataupun suatu negara itu ya guys. Tetapi seiring dengan perjalanan waktu maka bangunan-bangunan itu akan kehilangan kekokohannya entah itu ulah tangan manusia atau sudah sampai pada masanya, tetapi tetap saja kewajiban masyarakatnya adalah menjaga warisan negara.
    Ada beragam peninggalan-peninggalan sejarah di beberapa negara entah itu bangunannya, patungnya ataupun tembok-tembok besar. Peninggalan-peninggalan sejarah ini menunjukan bahwa manusia memiliki kemampuan tinggi dalam menciptakan, mengembangkan karya yang hebat. Sudah menjadi tanggung jawab masyarakatnya untuk memperhatikan setiap warisan dari suatu negara ya. Baiklah langsung kita simak saja ya 5 bangunan Peninggalan-peningglan Bersejarah di dunia.

Lets get started

1. Tembok China


Image
Picture: Merdeka.com






Bangunan ini mulanya di buat pada masa Dinasti Qin ( 221-206) Atas perintah dari seorang kaisar china yang bernama Kaisar Qin Shi Huang. Kronologi dari bangunan ini adalah karena pada masa itu bangunan ini di buat sebagai pertahanan dari musuh yang mencoba masuk dari sebelah utara. Panjang tembok china secara keseluruhan adalah 6.350 Kilometer bangunan ini tidaklah di bangun sekaligus tetapi, berkelanjutan hingga masa dinasti-dinasti yang akan datang, 10 tahun pertama melibatkan 300 tentara juga belum termasuk para pekerja dan narapidana yang diperkerjakan. Jarak tembok china ke bulan diperkirakan mencapai 237.000 Mil, menurut pendapat tembok china adalah satu-satunya bangunan yang bisa dilihat dengan mata telanjang dari bulan. Namun, sejumlah ekspedisi ruang angkasa mengungkapkan bahwa hal itu tidak tepat.
Tembok china dilengkapi menara-menara pengintai untuk para tentara. Dari sanalah mereka dapat mengetahui pergerakan musuh. Menara-menara tersebut memiliki banyak lorong-lorong.




2. Menara Pisa




Hasil gambar untuk menara pisa
Picture: Liputan6.com





Udah tahu belum Negara Pisa berasal dari mana? Ya bener banget guys "ITALIA" menara ini di bangun pada tahun 1173. Arsitek pertama bangunan ini adalah Bona pisano membangun bangunan setinggi 58 meter. Pada masa-masa berikutnya banyak arsitek yang ikut berkalaborasi menyumbangkan gagasan untuk menara pisa ini lho. Pada awalnya bangunan ini di bangun tegak lurus. Namun lama kelamaan menara ini berubah menjadi miring. Menara pisa yang terdiri dari delapan lantai, untuk naik keatas seseorang harus menaiki tangga berbentuk spiral, dengan total anak tangga sebanyak 294 buah. Menurut penelitian, kemiringan menara pisa adalah 5,5 derajat. Setiap tahun kemiringan bertambah saebanyak 1 milimeter dihitung secara vertikal dari puncak menara ketanah dengan berat menara pisa 14.500 ton wah wah wah.




3. Colosseum


Hasil gambar untuk colosseum
Picture: Tiqets






Colosseum terletak di Roma juga merupakan ampiteater. Ampiteater ? Apa itu ? Ampiteater adalah sebuah bangunan besar, tempat orang-orang bisa menyaksikan berbagai jenis olahraga. Bangunan yang dikerjakan pada masa Kaisar Vespasian dan anaknya Titus ( 72 M - 90 M ). Diperkirakan dikerjakan selama 10 tahun. Bangunan dengan tinggi mencapai 40 meter dengan panjang 188 Meter dan lebar 156 Meter. Dengan bangunan yang berbentuk oval, mampu menampung hingga 50.000 penonton dengan tiap-tiap sudut kursi khusus untuk raja. Sebagian dari colosseum kini telah hancur. Kerusakan ini disebabkan oleh gempa bumi besar yang terjadi beberapa kali.




4. Piramida Giza
Hasil gambar untuk piramida giza
Tribunnews.com



Piramida Giza yang terletak di pinggiran Kairo, tepatnya di tepian Sungai Nil. Arsitek yang merancang bernama hemon merupakan arsitek yang sangat terkenal. Hingga memasuki abad 19  Piramida Giza tercatat sebagai bangunan tertinggi di dunia. Bangunan ini termasuk bangunan yang luar biasa milik masa lampau karena masih bisa dilihat secara utuh hingga kini. Dengan tinggi mencapai 147 Meter, luas bagian bawah 230 X 230 meter. Tersusun dari sekitar 2,3 juta balok batu lho, dengan masing-masing berat 2 - 4 ton. Didalam Piramida Giza sama sekali tidak terlihat tulisan lain. Didalam piramida terdapat tempat bernama "Ruang Ratu" yang di perkirakan untuk menyimpan mumi sang ratu. Namun, mumi sang ratu tidak di temukan.



5. Stonehenge
Hasil gambar untuk stonehenge
Picture: Kompas International

 

Stonehenge adalah sebuah monumen peninggalan masa Neolitikum, inggris. Terdiri dari barisan batu raksasa yang membentuk lingkaran. Diperkirakan orang membangung monumen antara tahun 2.000 SM dan 2.500 SM. Hingga saat ini belum diketahui secara pasti bagaimana orang-orang membangun monumen ini, namun ada sejumlah perkiraan, membangun Stonehenge diperkirakan mencapai 1.497.680 hari dan sebab-sebab kerusakannyapun tidak di ketahui secara pasti. Monumen Stonehenge ini masih sangat misterius sehingga masih menjadi perdebatan para ahli.


Hai guys sampai sini dulu ya ilmu tentang peninggalan-peninggalan Negara bersejarah di dunia, semoga ilmu ini bisa bermanfaat.











































Comments

Popular Posts