5 Jenis Hewan Laut Yang Unik Dan menabjubkan

Apa kabar teman-teman semuanya ? Semoga dalam keadaan sehat walafiat ya. Apasih yang tergambar setelah berfikir tentang ikan ? Lezat bener banget. Pasti banyak banget ni penggemar ikan apalagi memakannya setelah di masak, di olah menjadi masakan khas berbagai daerah ataupun di oalah dengan teknik international. Eitsssss..... Apasih salsa yang mau di bahas ikan laut unik bukan olahan santapan. Hehe maaf ya guys abisnya salsa pencinta ikan dan suka makan ikan, jadi bahasnya kepanjangan. Oke ke intinya aja ya guys.
Dunia laut adalah dunia yang penuh misteri dengan jutaan species yang unik dan menabjubkan. Di dalam laut banyak sekali jenis ikan yang cantik-cantik dan menarik bahkan sangat banyak jenis ikan unik di dunia yang mungkin tidak di ketahui manusia. Penting ya bagi kita mengetahui dan mempelajari dunia laut, dengan begitu kita bisa berbagi ilmu tentang dunia laut setelah mempelajarinya entah pada anak, cucu, cicit serta generasi yang akan datang. Tugas kita adalah menjaganya agar tidak punah.


Hasil gambar untuk Dunia laut
Picture: AliExpress







Lets Get Started

1. Ikan Angler( Melanocoetus johnsoni)
Hasil gambar untuk ikan angler
Picture: Elisya Maranti Notes

Ikan Angler adalah ikan yang memiliki tulang yang sangat tipis dan halus dengan kulit yang berwarna hitam dan gelap itu merupakan caranya untuk melindungi diri dari pihak predatornya. Ia tinggal di laut dalam dengan suhu 3-10 derajat celcius. Ikan jenis ini memiliki gigi yang panjang dan tajam lho, gigi-giginya melengkung kedalam agar mangsanya langsung masuk kedalam wah unik banget ikan ini. Dia termasuk ikan yang pendiam karena tidak banyak bergerak, Ikan angler betina memiliki antena yang bersinar biasanya hal itu untuk menarik perhatian mangsanya dan menarik perhatian pasangannya.



2. Dugong ( Sapi Laut )



Hasil gambar untuk Dugong
Picture: GenPI.co






Masih ingat legenda putri duyung ? Masih dong pasti yakan. Ya inilah bentuk asli dari legenda putri duyung, dugong . Legenda putri duyung hanya legenda ya guys. Dugong termasuk hewan mamalia air biasanya di sebut dengan " sapi laut ". Hewan dugong banyak di temukan pada perairan di seluruh dunia. Berat dugong bisa mencapai 400 Kilogram dengan panjangnya hingga 3 meter. Dugong memiliki lapisan lemak, dugong menyelam hanya dalam beberapa menit di air lalu naik ke atas untuk mengambil oksigen. Dugong tinggal di perairan dangkal sangat mudah di buru oleh manusia untuk diambil lemak dan dagingnya bahkn giginya dibuat untuk hiasan, sehingga populasi dugong menjadi berkurang dan di khawatirkan akan punah. Pandangan dugong sangat buruk tetapi pendengarannya sangat sensitif ketika mencari makanan ia hanya menggunakan bagian di sekitar moncongnya.



3. Hiu Putih Besar ( Carcharodon carcharias )
Hasil gambar untuk Hiu putih besar
Picture: Inet Detik



Hiu Putih Besar merupakan hewan laut yang berbahaya lho. Dia memakan apa saja termasuk manusia pun tak luput dari penyerangannya.Tahukah kamu ? Sebuah gigi hiu bisa mencapai 7,5 sentimeter lho. Dengan panjang sekitar 6 meter biasanya betina akan berukuran jauh lebih besar dari pada jantan. Meskipun memiliki berat badan hingga 3.000 kilogram tetapi ia mampu berenang sejauh 15 mil perjam waw hebat banget yakan. Dengan mengandalkan indra penciumannya iya mampu mengetahui keberadaan mangsanya. Dia termasuk pemakan segalanya dan di ketahui dia juga mau menelan botol dan kaleng minuman seremmm amattt !!!! Hiu putih besar adalah satu-satunya hiu yang mampu mengangkat kepalannnya ke atas dan mampu menyerang mangsanya dari arah bawah. Tahukah kamu giginya yang mencapai 7,5 sentimeter.



4. Paus Humpback ( Paus Bengkok )


Hasil gambar untuk ikan paus humpback
Picture: Wikipedia



Paus Humpback atau dalam latinya Megapetra novaeangliae juga di sebut sebagaik paus bengkok. Panjangnya mencapai 16 meter dengan berat antara 25 hingga 40 ton. Paus jenis ini banyak di temui di perairan samudra. Untuk makanannya adalah ikan-ikan kecil yang hidup di laut. Dengan kecepatan berenangnya sekitar 26,5 kilometer perjam lho. Paus ini diketahui juga mempunyai suara yang beragam, di teliti suara ini adalah tanda komunikasi dengan sebangsanya. Musuh utamanya adalah manusia, banyak manusia yang memburu besar-besaran sehingga di khawatirkan paus humpback akan terus berkurang. Tetapi terbentuknya komisi paus internatioanal pada tahun 1946 akhirnya tercipta lah larangan pemburuan paus dan dinyatakan paus bengkok di lindungi. Tahukah kalian? Paus jenis ini mampu beratraksi dengan cara membantingkan tuhuhnya ke air juga mencepak-cepakkan ekornya di atas permukaan air.


5. Cumi-cumi Raksasa ( Architeuthis )


Hasil gambar untuk cumi cumi raksasa
Picture: IDN Times

Cumi-cumi raksasa ( Architeuthis ) adalah salah satu jenis invertebrata atau hewan tak bertulang belakang. Biasanya tinggal di dalam laut dari 200 meter hingga 1000 meter. Ukuran tubuhnya sangat besar bisa mencapai 13 meter, dari kepala hingga ke tentakelnya. Tentakel cumi-cumi raksasa ini sangat luar biasa. selain memiliki organ penyedot makanan iya juga memiliki " gergaji" berbentuk lingkaran. Mata cumi-cumi raksasa ini berukuran seperti bole basket dengan kecepatan renang melebihi jenis hewan invertebrata lainya. Wihh seremm !!!!!



Sampai sini dulu ya teman-teman semoga bermanfaat bagi kita semua.













Comments

  1. Menarik.. saya selalu antusias kalau kelaut hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, akan banyak inspirasi yang akan kita dapatkan kalo main kelaut dan melihat dengan jelas ciptaan yang luar biasa milik Allah sang pencipta.

      Delete
  2. ah, nama nama latin itu mengingatkun pada masa2 perkuliahan. Tapi memang klo kita tahu banyak makhluk yg menakjubkan masyaAllah yg allah sudah ciptakan di semesta ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak di laut ada jutaan species yang allah ciptakan dan tidak kita ketahui.

      Delete
  3. Dugong Hahaha itu yang paling hits yaaa sekarang sampe rame stiker nya hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dugong dari dulu hingga kini masih tenar yakan kak cerita putri duyung. Sekarang sampe jadi setiker.

      Delete
  4. Ikan yang pertama itu ada lihat di film finding nemo.
    Kalo dugong bukan puteri salju, tapi puteri duyung,
    makanya disebut dugong, hehe

    ReplyDelete
  5. Hehe iyaa kakak benar sekali 😉.

    ReplyDelete
  6. Ikan angler kalau main game Fish di laptop , ikan saya jadi pusing. Wuah terima kasih informasinya.

    ReplyDelete
  7. Ikannya seperti piranha gitu ya. Nambah pengetahuan lagi nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak banyak banyak membaca menambah pengetahuan : )

      Delete
  8. Ikan Angler angker kali yaa mukanya hihi...syereemmm... Btw izin buat saran yaah,, diedit aja Dugong itu srg disangka Putri Duyung, bukan Putri Salju, hehe... Tulisannya informatif yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih Kritik dan saranya kakak. Hehehe saya juga baru menyadarinya.

      Delete
  9. Semuanya saya baru lihat wujudnya di sini mbak, memang beberapa serem juga ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak bahkan di bawah laut sana ada jutaan species yang serem serem yang masih belum kita ketahui lhoo

      Delete
  10. Aku selalu takut sama ikan2 laut dalam begini. Yg pertama bentuknya udah nyeremin, belum lagi bayangin ketemu hiu atau paus yg gede banget.

    ReplyDelete
  11. hahaha iya bener banget kak banyak yang serem dan aneh aneh. Di tengah laut banyak hewan besar dan buass ngerih banget :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts